Mengobati Mata Katarak Pada Burung Dengan Daun Kitolod

20.25
Kitolod adalah salah satu jenis tanaman yang sangat mudah untuk menemukan dan tumbuh liar di tempat yang lembab seperti selokan, sungai, sawah atau di sekitar danau. Tanaman yang nama ilmiah Longiflora Isotoma mengandung Lobeline dan isotomin. Daun dari tanaman ini mengandung saponin, alkaloid, polifenol dan saponin. Kitolod terletak di dataran di sekitar 1000 MDPL. Siapa yang akan berpikir bahwa tanaman tanpa pengawasan ini ditunjukkan mempunyai efek untuk mengobati berbagai penyakit seperti iritasi mata, dan sangat cocok untuk mengobati katarak pada burung.


Umumnya, kita ingin burung berkicau kita yang sehat, sehingga burung dapat gacor dan lebih aktif. Tetapi ada saat-saat ketika burung-burung berkicau kita terserang penyakit, salah satu penyakit yang sering ditemui, yaitu katarak pada burung kicau.

Hal ini menyebabkan burung tidak dapat melihat dikarenakan terkena penyakit katarak,Biasanya mata burung kicau yang terkena katarak akan berselaput putih pada mata dan jika tidak ditangani dengan baik maka selaput  ini semakin lama akan memperbesar dan menyebapkan kebutaan

Penyebab katarak pada burungyaitu adanya akumulasi lemak (membran putih) dekat lensa mata,mengakibatkan tertutupnya sebagian pandangan atau cahaya yang masuk ke retina mata, sehingga burung akan sulit melihat, bahkan bisa mengalami kebutaan.

Pasti burung yang telah menderita katarak ini  menurun performanya karena kesehatannya terganggu dan tidak ceria.Apalagi jika burung akan jual atau ikut perlombaan maka penyakit ini sangat akan mengganggu, burung juga akan lebih banyak diam karena pandangan kurang jelas, makan juga sulit (jika katarak dikedua mata). Sebagai kicau mania yang baik hendaknya kita mengetahui cara pengobatan dasar pada burung kicau yang terkena katarak.

Perawatan katarak pada burung berkicau

Berikut cara alami untuk mengobati katarak pada burung kicau cara ini  aman dan tentunya gratis. Berikut Caranya dengan menggunakan  daun Kitolod (kontrol, Sangkobak), Tapi bentuk pohon, seperti yang ditunjukkan di bawah ini, pohon ini cenderung tumbuh di sekitar selokan dan memiliki bunga dalam bentuk terompet putih.
Foto dari wikipedia.org
Cara pengobatannya yaitu
  1. Ambil beberapa daun kitolod yang segar, besar, lalu bersihkan.
  2. Remas-remas dan haluskan daun sampai airnya keluar.
  3. Gunakan air dari daun kitolod sebagai obat tetes pada burung kicau, teteskan langsung ke mata burung (hati-hati saat memegang burung)
  4. Lakukan pengobatan ini setiap malam hari sampai sembuh, gunanya agar pengobatan maksimal karena burung istirahat dan tidak banyak gerak di malam hari.
  5. Berikut ini salah satu pengobatan yang dicoba pada burung kacer
selamat mencoba....

0 Response to "Mengobati Mata Katarak Pada Burung Dengan Daun Kitolod"

Posting Komentar