Membedakan Cucak Ijo Mini Jantan Dan Betina

Cucak ijo mini adalah burung pemakan buah yang sangat mirip dengan cucak hijau. Dilihat oleh ukurannya,CI  mini dan CI biasanya memiliki perbedaan yang signifikan. panjang tubuh Cucak hijau Mini sekitar 17 cm, sedangkan cucak hijau biasa sekitar 22 sentimeter. Bila dibandingkan dengan cucak ranting , mini memiliki bulu hijau. Sementara cucak ranting memiliki warna hijau kekuningan pada bagian tubuh, kuning terang di bagian kepala, dan warna biru pada bulu-bulu sayap utama dan ekornya. 
Cucak Ijo Mini Jantan( a)  Dan Betina (b)

Cucak ijo mini dianggap lebih pintar meniru suara burung lainnya. Inilah yang membuat hijau cucak Mini didambakan kicaumania . Untuk membedakan antara jantan dan betina sangat sederhana. CI Mini jantan memiliki warna hitam didagu sampai leher. Sedangkan CI mini betina hanya berwarna hijau polos. Pada saat CI mini masih muda tidak memiliki warna kuning di bagian kepalanya. Namun pada saat sudah dewasa CI mini jantan memilikinya.

 Cucak Ijo Mini Hampir Terancam

Saat ini status populasi cucak ijo mini adalah hampir terancam (Near Threatened). Tentu ini disebabkan adanya perburuan liar yang semakin marak. Untuk itu hendaknya kita bisa menangkarnya untuk melestarikan populasi CI mini. Ada beberapa negara yang menjadi habitat dari CI mini, antara lain :

    Indonesia
    Singapura
    Malaysia
    Thailand
    Brunei Darussalam
    Myanmar


Cucak ijo mini memiliki 2 spesies yang masing-masing memiliki daerah persebaran yang berbeda, yaitu sebagai berikut :

    Chloropsis cyanopogon cyanopogon (Temminck, 1830). Spesies ini tersebar di beberapa wilayah seperti Kalimantan, Sumatera, Semenanjung Malaysia.
    Chloropsis cyanopogon septentrionalis (Robinson & Kloss, 1919). Spesies ini tersebar di beberapa wilayah seperti Thailand, Malaysia, Myanmar.


Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cucak ijo mini. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan Klub Burung Kicau untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya.

0 Response to "Membedakan Cucak Ijo Mini Jantan Dan Betina "

Posting Komentar