7 Cara Efektif Menangkap Burung Yang Lepas

Meskipun harga burung murah atau burung mahal, jika kita tidak berhati-hati burung peliharaan kita akan terbang ke alam liar. Banyak hal-hal sepele menyebabkan terlepas dari sangkar, salah satunya adalah untuk mepastikan menutup pintu sangkar, burung bisa keluar melalui celah yang terbuka ketika tangan kita masuk ke dalam kandang saat ketika ingin mengganti pakan/minum.

[caption id="attachment_601" align="aligncenter" width="300"]burung-lepas Burung Lepas[/caption]

Berikut 7 cara menangakap burung yang lepas...


1.Jangan Panik


Tetap tenang dan amati burung sampai sejauh mana akan hinggap dipohon, karena bagaimanapun juga burung yang sudah lama berada didalam sangkar butuh adaptasi dengan kondisi tubuhnya dan biasanya terbang tidak terlalu jauh dari kandangnya. Jangan berlama-lama atau berdiam diri, karena naluri binatang akan pergi menjauh mencari pakan yang terdekat.


2.Minta Bantuan Teman


3.Taruh Sangkar Paling Atas


Posisikan sangkar burung mendekat kearah burung yang mendekat sambil membiarkan pintu sangkar tetap terbuka serta menaruh pakan kesukaannya seperti Kroto, Jangkrik atau Ulat Hongkong. Biarkan sampai burung mendekati sangkar


4.Pancing Dengan Jangkrik


contoh burung kacer Karena dihabitat alamnya sangat menyukai serangga sebagai makanan sehari-hari, maka dengan pancingan jangkrik yang sudah ditusukkan pada ujung lidi menjadi umpan agar burung mendekat. Memainkan ujung lidi sambil memanggil nama burung kesayangan kita akan menarik perhatiannya agar mendekat ke jangkrik dan mengikutinya sampai masuk kedalam Sangkar.


5.Semprotkan Dengan Air Sabun Bayi


“Semprotkan dengan shampo’ bayi,” demikian saran Om.Hendro dari Cikeas. Sesuai dengan kandungan PH yang tidak membuat perih mata bayi, sampho bayi yang mudah diperoleh diwarung terdekat dengan harga murah menjadikan salah satu jalan pertolongan pertama ketika kita membuat campuran air sabun untuk disemprotkan ke burung.


Dengan memperhatikan arah angin yang menuju ke target burung sangat membantu dalam jarak dekat dan burung tidak berada jauh diatas. Semprot dengan perlahan-lahan kearah bulu sampai menjadi basah kuyup dan lengket sayapnya dan burung tidak dapat terbang dengan optimal.


6.Pancing Menggunakan Burung lain,


Selain terpikat dengan menggunakan rekaman suara mp3 suara burung yang sama. Ada cara lain agar burung mendekati, salah satunya dengan burung betina. Masukkan burung betina kesangkar sendiri dan naikkan sangkar burung keatas berdekatan dengan burung yang kabur. Suara burung betina akan menggoda burung jantan yang lepas untuk mendekati dan masuk melalui pintu kandang yang terbuka untuk mendekati burung betina.


7.Menggunakan Lem (pulut),




[caption id="attachment_600" align="aligncenter" width="525"]lem-getah-nangka pohon nangka[/caption]

Getah nangka termasuk yang paling banyak digunakan oleh pemikat, selain tersedia, getah nangka juga dapat djcampurkan dengan lateks. Cukup mudah digunakan tempal getah di kayu ranting atau bambu getah kemudian diputar melingkar ke batang untuk memenuhi setengah cabang.


Letakkan tempat yang strategis, menggunakan jangkrik atau cacing sebagai umpan. mmengharapkan burung akan mendekati umpan dan mencoba untuk mengambilnya. Jika burung telah terjebak maka segera bersihkan burung dari bekas lem Bisa menggunakan air kelapa agar tidak merusak keindahan bulu tersebut.


Selamat mencona semoga bermanfaat

0 Response to "7 Cara Efektif Menangkap Burung Yang Lepas"

Posting Komentar