Kapan Dan Bagaimana KT Bisa Tampil Dengan Gaya Buka Ekor

05.37

Rimbo Ulu BC - suatu hal yang  paling diimpi-impikan  para penggemar kapas tembak adalah jika burungnya mampu  tampil ber gaya buka ekor. Selain membuat penampilan burung menjadi gagah, gaya buka ekor juga menjadi nilai tambah bagi burung yang sedang dilombakan.kapas-tembak2


Tetapi, seperti dijelaskan di awal tulisan, semuanya tergantung dari umur, kondisi fit / tidak fit, dan kondisi birahi dari burung itu sendiri.


Umumnya perilaku buka ekor pada kapas tembak merupakan salah satu bentuk cara berkicau yang penuh emosi / ngotot. Tujuannya tentu agar dia diperhatikan, atau sedang memamerkan suara kicauannya yang bervariasi secara lantang kepada lingkungan atau burung lain di sekitarnya.


Karena dibawakan dengan penuh emosi, bulu-bulu ekornya pun ikut-ikutan mengembang, dan itulah yang disebut dengan gaya buka ekor.kapas-tembak-buka-ekor


Kapan dan bagaimana kapas tembak bisa tampil dengan gaya buka ekor. Burung akan menunjukkan gaya ini jika sudah memenuhi beberapa persyaratan berikut ini :




  1. Berjenis kelamin jantan
    Meski burung betina juga bisa bergaya buka ekor, namun tidak sengotot burung jantan yang akan buka ekor dengan suara kicauan penuh variasi. Burung betina cenderung buka ekor, tetapi dengan suara monoton, sehingga terlihat kurang ngotot (kebanyakan buka-tutup ekor).

  2. Sudah dewasa atau mapan
    Burung kapas tembak yang sudah dewasa / mapan mudah terpancing birahi dan emosinya, sehingga akan menampilkan gaya buka ekornya ketika sedang berada dalam kondisi puncaknya.

  3. Memiliki suara kicauan bervariasi
    Nah, hal ini tidak bisa diabaikan. Pemasteran bisa menjadi salah satu faktor yang menentukan bagus dan tidak penampilan burung tersebut. Seekor kapas tembak yang memiliki suara lebih bervariasi cenderung mudah ngotot dan langsung bongkar isian sambil membuka ekornya.

  4. Birahi dan emosinya stabil
    Memiliki birahi dan emosi yang stabli sangat penting untuk burung yang selalu dilombakan. Sebab tak jarang burung tersebut tampil ngotot dengan gaya buka ekor terus-menerus saat di rumah. Namun begitu masuk lapangan / lomba, burung cenderung berkicau seperti biasa, tanpa menampilkan gaya buka ekor seperti biasanya. Untuk mengatasinya silahkan cermati kembali pengaturan pakandan extra fooding (EF) yang biasa diberikan pada burung tersebut.


Dalam kondisi tertentu, burung kapas tembak yang masih muda juga bisa menunjukkan perilaku buka ekor, dengan syarat kondisinya sedang puncak atau top form (sangat fit).


Ini bisa dimaksimalkan dengan sering melatihnya dengan tujuan membentuk karakter sewaktu berkicau (memunculkan kengototan atau emosinya ).


Cara melatihnya adalah dengan mengajak burung ke arena lomba, meski tidak ikut berlomba, tapi sekedar melihat dari kejauhan. Dengan begitu, mental burung secara perlahan akan terasah, dan burung pun mulai memiliki sifat ngotot dan bisa tampil dengan gaya buka ekor.


Semoga bermanfaat.


Dikutib dari om kicau

0 Response to "Kapan Dan Bagaimana KT Bisa Tampil Dengan Gaya Buka Ekor"

Posting Komentar