PENJELASAN " BANG BOY " TENTANG RUMUSAN IVD

06.29

RIMBO ULU BC - Rumusan IVD singkat dari Irama lagu, Volume dan Durasi kerja.kunci akhir untuk menentukan burung diajukan Nominasi adalah Durasi kerjanya. Sebagus apapun Irama lagu,Volume burung tersebut, tapi bila kurang dalam kinerja kerjanya, sudah dapat dipastikan burung tersebut tidak akan diajukan oleh Juri untuk masuk Nominasi Juara. mari kita simak pembahasan satu per satu IVD (Irama lagu, Volume, Durasi kerja)KICAU-MANIA-RIMBO-ULU


IRAMA LAGU

Irama lagu yang dimaksudkan adalah lagu atau kicauan yang dikeluarkan burung tersebut,Banyak Irama lagu yang dibawakan oleh burung tergantung dari burung apa yang dijadikan masteranya.Dalam Irama lagu di sini juri akan menilai perpindahan burung dari membawakan satu Irama lagu ke Irama lagu yang lainnya. Kalau burung tersebut hanya membawakan satu Irama lagu sudah dipastikan juri tidak akan mengajukan nominasi. Irama lagu juga harus banyak mempunyai variasi lagu yang dibawakan oleh burung tersebut. 70 % Irama lagu atau lagu kecil dan ngerol dibawakan oleh burung tersebut. Kemudian baru tonjolan atau tembakan.

Tonjolan di sini juga ada variasinya, bukan hanya satu tembakan dari satu jenis burung saja. Misalnya burung hanya menembak suara cililin saja, tanpa ada tembakan suara dari burung jenis lain. Juri dengan burung tipe satu jalur ini, tidak akan mengajukan Nominasi untuk dijadikan juara.

VOLUME

Volume kicauan yang dikeluarkan oleh seekor burung merupakan salah satu penunjang burung untuk bisa masuk Nominasi. Volume suara burung ini salah satu faktor terpenting pada saat burung sedang dilombakan.

Karena sebagus apapun variasi lagu, kalau Volume suara yang dikeluarkan oleh burung tersebut tipis atau terdengar samar-samar, maka juri dengan posisi Irama lagu yang sama sudah dipastikan akan memilih burung yang mempunyai Volume kencang dan terdengar hampir di semua lapang (istilahnya Volume tembus). Karena bendera favorit itu diberikan memang untuk burung yang sangat sempurna sekali.

DURASI KERJA

setelah mendapatkan burung yang mempunyai Irama lagu di atas rata-rata dan mempunyai Volume di atas rata-rata burung lain, maka juri mulai melihat kinerja kerja burung tersebut. Dan memang kalau dari awal rata-rata semua burung akan bekerja. Biasanya ada sebagian burung di tengah dia tidak bekerja, tapi di akhir baru mulai bekerja lagi.

Dan ada juga diawal kerjanya biasa saja, tapi di tengah dan akhir dia kerja bagus. Yang menjadi pertanyaan sekarang, Durasi kerja yang seperti apa yang akan membuat juri mengajukan burung tersebut untuk di Nominasi?
Juri akan melihat kerja awal, kerja tengah, dan kerja akhir sebelum diajukan Nominasi. Kalau burung dari awal sampai akhir kinerja kerjanya di atas rata-rata lawannya, sudah dapat dipastikan burung tersebut akan diajukan untuk dinominasi. Tapi perlu diingat, bukan kinerja kerjanya bagus sudah menjadi jaminan akan diajukan untuk masuk Nominasi. Kinerja kerja yang bagus dari awal sampai akhir juga harus ditunjang Irama lagu dan Volume yang bagus.

Jadi intinya PAKEM penilaian BnR untuk lomba burung rumusannya adalah IVD (Irama lagu, Volume, Durasi kerja). Tambahan juga untuk para kicaumania di sini kita berbicara “lomba burung berkicau”. Jadi yang akan kita nilai adalah kicauan dari burung tersebut yang utama. Kalau gaya dan lain-lain itu hanya bahan untuk menambahkan poin kepada burung tersebut.

0 Response to "PENJELASAN " BANG BOY " TENTANG RUMUSAN IVD"

Posting Komentar