Cara Hemat Breeding Lovebird

Rimbo Ulu BC - Salah satu caranya yaitu  menghaemat  biaya pengeluaran. tetapi tidak  berarti mengurangi jumlah pakan atau perawatannya, namun memaksimalkan bahan-bahan yang lebih terjangakau atau lebih murah.Indukan-dikandang


Berikut ini beberapa kegiatan yang meminimalis biaya operasional Breeding Lovebird :

 1.Batu bata Sebagai peganti Tulang sotong


batu-bata-asinan

Penangkar lovebird / Breeding Lovebird biasanya tulang sotong sebagai asinan untuk pasangan induk agar mengukan cangkang telur. tulang sotong bisa di ganti  dengan batu bata. batu bata Selain bisa dijadikan  asinan, fungsi batu bata  yaitu:




  • Menghindari paruh membengkak

  • Melancarkan pencernaan lovebird

  • Mempertajam warna kuning telur (yolk) yang dihasilkan induk lovebird dan cenderung ngisi.


Batu batu yang mau digunakan harus batu bata yang baru jangan yang sudah di pakai untuk bangunan karena batu yang sudah di pakai untuk bangunan bisanya sudah tercemari semen atau kapur. cara membuat asinannya rendam batu bata ke dalam air garam selama satu hari setalah itu jemur hingga kering.


2. Gelodok bikin sendiri

glodok-BIKIN-sendiri

Untuk meminimalis biaya operasional lainya yaitu  gelodok,glodok  adalah tempat untuk  bertelur. kalau beli  di pasaran, seharga Rp 50.0000 / unit " tapi ini untuk wilayah rimbo ulu loh" kalo ada 10 pasang kan dah lumayan tu dana heeee  yang harus di keluarkan,salah satu cara untuk menghemat pengluaran yaitu buat sendiri dengan panjang 20 cm, lebar 15 cm, dan tinggi 25 cm.glodok bisa di buat sendiri dari bahan kayu yang lunak / kayu yang mempunyai pori - pori cukup besar sehingga dapat memaksimalkan sirkulasi udara dalam glodok sehingga tidak kepanasan.


3. Bahan sarang dari jerami atau serabut jagung

jerami

Bahan sangkar Menggunakan bahan  jerami. “Jerami dipotong-potong sepanjang empat sentimeter, kemudian dijemur hingga kering. Setelah itu dimasukkan secukupnya ke dalam gelodok yang telah disediakan,”sama juga dengan serabut jagung.{mr yp }


 

0 Response to "Cara Hemat Breeding Lovebird"

Posting Komentar