Karakteristik Genetik Burung Love Birda

18.50
Izinkan nubie berbagi, dengan waktu yang singkat s
aya coba share apa yang sudah saya pelajari, baca, amati, praktekkan dari berbagai sumber.

Kalo ada yang salah mohon koreksinya, pakai bahasa yang baik biar diskusi jalan bukan gontok-gontokan, saya mohon masukan yang pake dasar.


GREEN
Ijo atau green ini adalah warna dasar lovebird dialam (warna nenek moyang bawaan lb), warna lovebird dialam dan pada umumnya. Green atau ijo ini bersifat dominan. Untuk mengeluarkan anakan warna green ini cukup menggunakan salah satu indukan saja karena sifatnya doinan jadi langsung bisa muncul green, misal ijo x biru anakan 100% keluar ijo (catatan indukan murni ya). Green dikenal juga sebagai paruh merah dan setau saja green ini ga ada split, mohon koreksi :-D

BLUE
Biru, blue series, paruh putih warna dasar kedua. Sifatnya resesif (lebih lemah) jika dibanding green. Untuk menghasilkan blue series diperlukan gen blue di kedua indukannya. Bisa keduanya blue, bisa keduanya split blue, atau blue x split blue yang penting kedua indukan ada gen bluenya. Blue ada split, biasanya pada paruh merah atau gs splitnya

PARBLUE
Parblue salah satu warna mutasi, parblue adalah resesif dari blue, parblue sifatnya seperti blue perlu kedua indukan memiliki gen PB dan atau (salah satu wajib gen PB) Blue.
Bisa pb x pb, bisa pb x blue, bisa /pb x blue, bisa /pb x /pb, /pb x /blue, pb x /blue, dll. Parblue ada splitnya, splitnya ada di paruh merah, karena secara teori ga ada paruh putih yang split PB.

Tapi ada nih paruh putih x paruh putih keluar PB, ya ada beberapa kemungkinan salah satunya paruh putih yg bisa mengeluarkan parblue sebenarnya merupakan parblue tetapi karena kehilangan pigmen kuning (Psittacine) sehingga warna bulu kuning dan paruh orange tidak tampak dan menjadi warna Blue Series (BS) dan mempunyai potensi mencetak Parblue kembali jika disilang dengan BS. Biasanya disebut possible Parblue atau seringnya disebut BROKEN PARBLUE.

EUWING
Euwing = Eumelanin Wing (tidak sempurnanya proses pigmentasi pada sayap) yang menyebabkan warna sayap jd gelap dri warna normalnya, jika dilihat dari punggung membentuk huruf V apalagi kalo euwing DF (double factor). Bersifat Incomplete Dominant dan tidak ada split euwing. Loh ini non wing x non wing bisa keluar wing, mungkin ini seperti PB sebenarnya wing tp ga keliatan, misal pastel wing dll.
Untuk menghasilkan euwing perlu salah satu induknya ada wingnya.

OPALINE/BIOLA
Biola terdapat split bisa di BS bisa juga di GS splitnya, Split biola hanya terdapat di jantan karena opaline atau biola ini sex linked, atau bergantung pada kelamin. Biola ada versi GS ada versi BS, versi BS biasanya lebih mahal :D

Sexlinked biola
#Bio (j) x Warna apapun (B) keluar :
1. jantan /bio
2. betina bio

*Biola jantan ini bisa langsung menghasilkan anakan bio walaupun betinanya warna standar apapun, inilah kenapa biola jantan harganya bisa 2x lipat biola betina

#Bio (j) x Bio (B) keluar :
1. jantan bio
2. betina bio
*syarat indukannya murni

#Split Bio (j) x Warna standar apapun (B) keluar :
1. jantan (possible) /bio (bisa jadi jantan split bio bisa juga jantan biasa)
2. betina bio (kemungkinan keluarnya kecil, asal sabar aja)
3. betina biasa

#Split Bio (j) x Bio (B) keluar :
1. jantan /bio
2. jantan bio
3. betina bio
4. betina biasa

#Warna apa aja (J) x Bio (B) keluar :
1. jantan /bio
2. betina biasa
Lalu darimana warna mutasi (euwing, biola, pb) muncul? Ini hasil persilangan yang panjang berdasarkan perhitungan, pengetahuan, dan keahlian para peneliti bukan karena asal-asalan ternak lalu ujug2 keluar bio, ujug2 keluar pb, ujug2 keluar euwing.

Semuanya karena Allah yang maha kuasa, tapi apa yang ada di dunia ini berjalan sesuai sunatullahnya (ketentuannya) kita hanya perlu berusaha berdasarkan aturan2 yang ada, salah satunya teori genetik yang ada.
Lalu apa bisa kita menghasilkan mutasi sendiri? Bisa saja kalo memiliki kemampuan rekayasa genetika.

Mudah-Mudahan gak ada komen "karena yang maha kuasa", semua karena yang maha kuasa, baik teori atau ga sengaja. Tp kemungkinan besar yg jadi ya sesuai teori (sunatullahnya)

0 Response to "Karakteristik Genetik Burung Love Birda"

Posting Komentar