Tips Mencegah Tumbuhnya Jamur Pada Burung

14.20
Jamur adalah salah satu penyebab berbagai penyakit pada burung. Terutama di iklim tropis lembab seperti  di Indonesia adalah surga bagi jamur untuk tumbuh dengan cepat. Menurut penelitian, dan pengalaman sebelumnya, ada beberapa tempat yang mungkin bisa menjadi pertumbuhan jamur di sekitar sangkar burung kususnya pada burung kenari yang mudah terserang jamur....
  1. kandang burung. Bilas kandang secara teratur dan berkala. Semprot dengan anti-jamur dan disinfektan,setidaknya 30 menit untuk mengeringkan di bawah sinar matahari. Bagian bawah kandang dan ruji biasanya terbuat dari bambu / Triplex adalah tempat yang ideal untuk jamur. Bersihkan dan lapisi lantai sangkar dan ruji dengan cat/coating/melamin atau bahan sejenis sehingga jamur tidak bisa berkembang. Tanda-tanda sangkar yang sudah mulai menjadi tempat tumbuhnya jamur adalah berwarna coklat kehitam-hitaman.

  2. tangkringan burung, adalah merupakan sumber besar bakteri dan jamur . terutama pada burung kenari,Burung beraktivitas dan turun ke tangkringan dari bawah kandang, secara tidak langsung kuman-bakteri jamur terbawa ke tangkringan dengan mudah.Solusinya, cuci bersih tangkringan lalu semprot dengan anti jamur dan disinfektan setiap 3 hari sekali. Ganti tangkringan dengan yang baru setiap 2 bulan sekali.

  3. Ruangan penyimpanan burung yang lembab dan kotor adalah sarang bagi jamur. Secara berkala bersihkan dan semprot pojok-pojok ruangan dengan anti jamur dan disinfektan. Atur sirkulasi udara di ruangan penyimpanan burung sebaik mungkin. Bila perlu tambahkan exhoust fan supaya udara dapat bersirkulasi dengan baik dan lancar.

  4. Kerodong Burung Cuci bersih dan jemur kerodong dibawah sinar matahari setiap 3 hari sekali. Menurut penelitan, hampir 32% jamur-bakteri dan virus bersarang di kerodong burung.

0 Response to "Tips Mencegah Tumbuhnya Jamur Pada Burung"

Posting Komentar