Tips Bawa Burung Lomba Jarak Jauh

Bawa-burung-lomba-jarak-jauh

Jangan memaksa burung yang belum mapan untuk diajak perjalanan jauh. "Pastikan burung dalam keadaan sehat sebelum berangkat. mempersiapkan Mental burung, dan menjaga emosi selama perjalanan agar tidak mempengaruhi burung saat tampil di lomba. Berikut adalah beberapa tips tentang membawa burung keluar kota dengan Mobil...

  1. Menghitung jarak dan waktu tempuh,
    Untuk jarak perjalanan (lebih dari 50 km) burung harus datang lebih awal, tujuan agar burung memiliki waktu untuk beristirahat setelah perjalanan panjang, dan menyesuaikan diri dengan cuaca di kota.

  2. Siapkan peralatan, fisik dan mental yang pemain Selama perjalanan,
    Persiapan tidak hanya uang dan energi, tetapi juga perlengkapan burung. Perlu dipersiapkan berbagai fasilitas seperti air, makanan, semprotan dan multivitamin.Beberapa burung membutuhkan suplemen tambahan seperti kroto, buah-buahan atau sayuran,kadang beda burung beda pula persiapannya. hal yang penting yaitu Membawa air dari rumah untuk mandi burung dan menempatkannya di jerigen, sehingga burung tidak merasa aneh ketika mandi,jika dia mandi dengan air yang biasa dipergunakanya mandi sehari–hari, karena air mempunyai kadar PH / kebasaan yang berbeda-beda antara satu tempat dengan tempat yang lainya, hal ini kadang tidak disadari oleh para pemain.

  3. Cari informasi Lomba
    Adaptasi tempat sangat diperlukan oleh pemain untuk mengembalikan kebugaran ketika ia sampai di area lomba. jangan mencari penginapan yang terlalu jauh dari lokasi lomba. Setidaknya, pemain harus tahu di mana untuk membeli kroto,jangkrik,pakan atau sayur yang dekat dengan lokasi lomba.

  4. Menentukan posisi
    sangkar harus ditempatkan sedemikian rupa supaya tidak goncang dan tidak berbenturan dengan apapun di dalam mobil. Hindari menempatkan kandang di atas posisi roda agar guncanganya tidak terlalu keras.  Ikat sangkar memakai tali agar sangkar tidak bergeser dari tempatnya ketika dalam perjalanan. Taruh posisi kandang yang nyaman dan tidak penuh guncangan dalam mobil, dengan posisi tangkringan seperti kursi sopir, agar burung menghadap kedepan layaknya sopir untuk menghindari burung mabuk selama perjalanan. Pastikan wadah pakan dan minum terisi dan cukup selama dalam perjalanan, simpan tisue yang tidak beraroma kedalam wadah air minum agar air tidak tumpah ketika mobil mengalami guncangan. Bagasi atau dek mobil diberi alas yang empuk dan tebal bisa mempergunakan mempergunakan bantalan kasur tebal, karet bahan untuk sandal atau yang dirasa tepat untuk dipergunakan sebagai alas, agar kaki sangkar tidak rusak atau patah.

  5. Pulihkan Kebugaran Burung secepatnya,
    Setelah tiba dikota tujuan, keluarkan burung dari mobil agar bisa menghirup udara segar secepatnya, buka kerodong dengan segera, periksa pakan dan air minum burung untuk memastikan wadah pakan maupun air minum tetap ada isinya, karena selama dalam perjalanan kadang mengalami guncangan yang mengakibatkan pakan dan air minum burung tumpah dan segera diisi kembali jika keduanya kosong, kemudian burung di angin–anginkan.


Simpan burung di tempat yang tenang dan aman dari serangan binatang predator....

0 Response to "Tips Bawa Burung Lomba Jarak Jauh"

Posting Komentar