Teka - Teki Burung Kacer

13.59
[caption id="attachment_553" align="aligncenter" width="700"]atasi-Kacer-mbagong Kacer Mbagong[/caption]

Rimbo ulu BC - Popularitas Burung kacer (Copsychus Saularis) memang pasang surut Namun, penggemar kacer seakan tidak pernah menurun. Terbukti dalam setiap perlombaan kelas kacer selalu meriah, tak jarang kacer masuk kelas utama.memelihara Kacer butuh keberanian tersendiri, karena selalu dibayang-banyangi momok Kacer mbagong atau istilah lainnya mbedesi, mbalon, atau kuda laut, yaitu memekarkan bulu dan menekuk kepala seperti bentuk kuda laut dan bersuara “cir” berulang-ulang.


Kacer mania paling takut ketika mbagong kacer, karena itu adalah aib jika terjadi di gantangan lomba. Bahkan, tanpa kita sadari, sebagian besar kacer yang pernah juara pasti pernah mengalami mbagong/balon. Tetapi karena kejelian dan kesabaran sifat mbagong/balon bisa hilang.




"Bermain kacer sangat menarik karena tingkat kesulitan yang tertinggi di antara burung-burung lainnya. Selain itu,burung ini dapat menggambarkan keberanian laki-laki, harga diri  yang dipertaruhkan jika burung mbagong/balon ,"



Karena pada dasarnya, karakter mbagong adalah sifat alami burung kacer.Burung kacer yang bagus, juga memiliki karakter mbagong. Namun, karena kondisi terjaga dengan baik, sehingga kesehatan dan mentalnya terjaga dari kejadian mbagong.
Untuk menghindari malu memelihara Kacer mbagong, banyak yang menyarankan untuk membeli di lapangan latber atau lomba, karena sudah teruji. Namun, hal itu bukanlah jaminan 100% Anda tidak mendapatkan Kacer mbagong, karena rawatan Anda juga sangat menentukan nantinya. “Beli Kacer di lapangan lomba memang lebih menjamin, tapi bukan jaminan 100% Kacer yang didapatkan dari lapangan lomba tidak mbagong jika penanganannya tidak tepat.




[caption id="attachment_554" align="aligncenter" width="730"]Kelas-Kacer Lelati Sejati Main Kacer Heee..[/caption]

Penyebab Kacer mbagong pun berbeda-beda antara burung satu dengan burung Kacer lainnya. Karena banyak faktor internal dan eksternal yang bisa mempengaruhi kondisi fisik dan mental Kacer tersebut. Karenanya, merawat Kacer harus mencari tau dan mencatat apa saja kira-kira berpotensi memicu Kacer yang dirawatnya mbagong. Sehingga, pengondisian secara maksimal bisa dilakukan dan diharapkan karakter mbagong tidak muncul saat digantang.




Asnan Fathoni“Sebenarnya memelihara Kacer yang belum pernah mbagong justru lebih menakutkan, karena kita tidak memahami karakternya. Kacer yang tidak pernah mbagong biasanya saat mabung, jika tidak intensif perawatannya bisa-bisa macok bulu jika mendengar sudara Kacer atau burung fighter lainnya,” jelas Asnan Fathoni, pemilik Kacer Black Shadow (BS).



Bagaimanapun, sebagai makhluk hidup, kondisi kesehatan Kacer tidak bisa selalu fit, birahi stabil, dan sebagainya. Karenanya, yang paling penting dalam merawat Kacer adalah bagaimana menjaga kondisinya selalu fit.

0 Response to "Teka - Teki Burung Kacer"

Posting Komentar