Penyebab Lomba Tanpa Teriak Tapi Tetap Teriak

14.31

Rimbo Ulu BC - Fenomena yang terlihat saat ini hampir terjadi di beberapa lomba, terutama lomba yang sering kita ikuti, meskipun dibrosur sudah ditulis NON berteriak tetapi pada kenyatannya masih saja berteriak dengan kencangnya. seperti teriakan: * Memanggil juri, Menyebut no. Gantangan, minta dipantau, menyebut nama burung, bahkan kadang terjadi keributan.




[caption id="attachment_615" align="aligncenter" width="900"]GAYA-UNIK-JOKI-BURUNG GAYA UNIK JOKI BURUNG[/caption]

Berikut Penyebab Lomba Tanpa Teriak Tapi Tetap Teriak:

a. Menilai krisis kepercayaan terhadap juri, Krisis kepercayaan ini disebabkan oleh oknum Juri dan pelomba itu sendiri, untuk memenangkan burung tertentu si Juri memenangkan burung tertentu karena sudah hapal sangkar suatu misal. Kalau hal ini sering dilakukan di event-event lomba, maka secara akumumative akan menjadi bumerang bagi Panitia tsb.

[caption id="attachment_616" align="aligncenter" width="401"]lomba-tanpa-teriak Lomba Tanpa Teriak Tapi Tetap Teriak[/caption]

b. Jarak pagar yang dekat dengan, Jarak pagar penonton dengan gantangan burung sangat dekat akan memicu teriak pelomba lebih mudah. Dengan jarak yang jauh antara Pelomba dan Gantangan, maka walaupun teriak tidak akan mempengaruhi kerja juri di lapangan. Jarak yg jauh menurut beberapa pemain, jauh justru akan menyamankan juri untuk berbuat semaunya, jikalau berniat curang maka akan mudah sekali dan tanpa takut karena jauh dari teriakan peserta.


c. Panitia Yang TIDAK TEGAS, Panitia dalam hal ini yang diwakili oleh Pihak Keaamanan, biasanya kurang tegas dan tidak disiplin dalam menetapkan aturan lomba. Ketidaktegasan ini akan membuat TOLERANSI pelomba untuk berteriak, seharusnya Panitia memberikan aturan yang tegas, misal teriakan 1 diperingatkan, peringatan kedua langsung diberi bendera DIS.

d. Massa BC/SF, Lomba selalu didatangi oleh Bird Club (BC), Single Fingter (SF) dan atau penghobi murni yang iseng-iseng lomba. Seorang SF biasanya membawa minimum 2 orang, apalagi kalau Bird Club, tentu banyak orang, masa ini selalu berteriak agar burung jagoannya dipantau, sehingga juara.

Ada kelemahan jika penonton berteriak kencang lebih kencang daripada suara burung:

- Juri tidak bisa berkonsentrasi dalam menilai burung dalam penjurain, sehingga hasilnya tidak optimal.
- Oknum juri lebih mudah memenangkan burung tertentu karena tidak terdengar volume secara jelas.
Semoga budaya berteriak bisa berkurang di kalangan kicau mania...

0 Response to "Penyebab Lomba Tanpa Teriak Tapi Tetap Teriak"

Posting Komentar