CARA PALING EFEKTIF MENCEGAH BURUNG CACINGAN

Rimbo Ulu BC - Cara paling efektif mencegah burung cacingan sebetulnya sangat mudah di laukan setiap hari. Hanya saja kita angap sepele , perilaku buruk ini yang masih banyak dilakukan oleh para kicau mania. Kunci dari semua itu adalah perawatan yang baik dan tepat. Baik di sini diartikan sebagai perawatan yang bersih dan selalu rajin membersihkan sangkar dari kotoran. berikut  cara paling efektif mencegah burung cacingan....


CARA-membersikan-sangkar


 


Berikut  cara mencegah burung cacingan :


1. Menjaga Kebersihan Sangkar Burung


Cara ini merupakan cara wajib bagi kicau mania . Misalnya, bersihkan tenggeran/tangkringan jika sudah terlihat kotor. Bersihkan dasar sangkar dari kotoran. Cucilah tempat pakan  dan minum dengan air mengalir setiap hari. Sangat dianjurkan pula untukmenyemprotkan disinfektan setiap seminggu sekali. Tujuannya untuk membunuh parasit, jamur, tungau/kutu, dan larva cacingan yang menempel di sangkar. Perawatan yang bersih adalah salah satu cara mencegah burung cacingan.


2. Menjaga Kebersihan Pakan


sankar-burung-berlaci

Ini menjadi sangat penting untuk anda lakukan agar burung kicau tidak cacingan. Pakan dan minuman yang diberikan pada burung harus selalu dalam keadaan yang bersih dan steril dari telur cacing. Bagaimana caranya? Sebagai contoh, air minum untuk burung lebih baik menggunakan air yang sudah masak. Karena pada saat air direbus, bakteri yang terkandung dalam air akan mati karena panas. Atau jika anda memang benar-benar sibuk (karena bekerja) bisa menggunakan air mineral dalam kemasan baik galon atau kemasan kecil. Suka tidak suka, air minum dalam kemasan lebih terjaga kebersihannya meskipun harganya lebih mahal. Untuk pakan seperti voer, kroto, jangkrik, dan EF lainnya juga harus dijaga kebersihannya. Misalnya, anda akan memberikan cacing pada murai batu sebagai EF, maka anda harus mencelupkan cacing ke dalam air terlebih dahulu. Tujuannya agar kotoran dan telur cacing yang menempel di tubuh cacing bisa hilang. Mudan bukan cara mencegah burung cacingan?


3. Multivitamin Untuk Burung Kicau

 memberikan multivitamin untuk burung kicau. Multivitamin bisa anda berikan seminggu 2 kali atau lebih tergantung kondisi kesehatan burung. Multivitamin khusus burung sudah banyak diperjualbelikan di toko-toko pakan burung .


dikutib dari kicaukan.blogspot.com

0 Response to "CARA PALING EFEKTIF MENCEGAH BURUNG CACINGAN"

Posting Komentar