Aneka Kicauan Burung Prenjak Kepala Merah Atau Burung Cinenen

Rimbo Ulu BC - Sekilas Tentang Cinenen Cinenen pisang adalah sejenis burung pengicau dari suku Sylviidae. Nama-nama lainnya dalam bahasa daerah adalah cinenen, prenjak kebun, prenjak kepala merah, cici dan lain-lain. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Common Tailorbird, karena kebiasaannya menjahit dedaunan sebagai sarangnya.

burung-cinenen2
Burung dengan panjang rata-rata 10-12 cm ini memiliki Bulu-bulu dahi dan mahkota (di atas kepala) berwarna merah karat, kekang dan sisi kepala keputihan, dengan alis kekuningan. Tengkuk keabu-abuan. Punggung, sayap dan ekor hijau zaitun (sehingga sebagian orang juga menyebutnya dengan nama Prenjak Lumut). Tubuh bagian bawah putih, dengan sisi tubuh abu-abu (Prenjak Klawu). Jantan dan betina serupa, kecuali di musim berbiak, di mana bulu tengah ekor si jantan tumbuh memanjang.
burung-cinenen1
Iris mata kuning tua pucat, paruh sebelah atas kehitaman, sebelah bawah merah jambu keputihan, kaki merah jambu. Bulu paha agak kemerahan.

 Model Sarang Prenjak Kebun Unik dan nyaris tak tampak seperti sarang karena terbuat dari daun yang ditekuk atau dilengkungkan sehingga bila dilihat dari atas atau bawah tak akan tampak bila itu adalah sarang tempat Prenjak berkembang biak. Bahan sarangnya dari kapas, bunga alang-alang dan sarang laba-laba untuk melengketkan daun.


sangkar-burung-cinenen

 

Ragam kicuan burung prenjak kepala merah

[audio mp3="http://rimboulubc.com/wp-content/uploads/2015/01/kombinasi-cinenen-pisang-dan-belukar.mp3"][/audio]

[audio mp3="http://rimboulubc.com/wp-content/uploads/2015/01/kombinasi-cm-wt.mp3"][/audio]

 

semoga bermanfaat....

0 Response to "Aneka Kicauan Burung Prenjak Kepala Merah Atau Burung Cinenen"

Posting Komentar