Menyamarkan Sarang Untuk Menghindari predator

19.31

Dalam penelitian ini, para ilmuwan menempatkan beberapa pasang burung pipit zebra (zebra finch) di dalam sangkar yang berlainan warna. Selanjutnya, mereka memberikan beberapa potongan kertas yang terdiri atas dua warna untuk dipilih pipit zebra ketika akan membuat sarang.


kamuflase


Berdasarkan pengamatan, sebagian besar burung finch memilih potongan kertas yang memiliki warna yang sama dengan warna kandang yang ditempatinya. Hal itu menunjukkan burung secara aktif memilih bahan sarang sesuai dengan warna lingkungan tempatnya bersarang, dan dengan sengaja mengkamuflase tempat bersarangnya agar tidak mudah terlihat oleh predator.


Dalam beberapa penelitian sebelumnya disebutkan, burung akan memindahkan sarangnya ketika melihat predator berada di dekat lingkungan sarangnya. Namun yang telah ditemukan para peneliti dari Universitas St. Andews mengungkap bukti lain, bahwa burung juga melakukan cara-cara lebih pintar dan halus untuk mencegah predator menemukan sarangnya.


” Seperti manusia, burung pun tidak sembarangan memilih bahan berwarna untuk membangun sarangnya. Mereka akan menghindari warna-warna yang akan berbeda dari lingkungannya. Dengan mengetahui hal ini, bisa memberikan gagasan yang lebih baik tentang bagaimana burung secara aktif mengurangi kemungkinan predator menemukan sarangnya,” kata Dr Ida Bailey, yang dipercaya menjadi penulis laporan hasil penelitian itu.

0 Response to "Menyamarkan Sarang Untuk Menghindari predator"

Posting Komentar