Tiga faktor burung kacer siap dilombakan

18.54

Ada beberapa faktor yang bisa menentukan apakah kacer Anda siap dibawa ke lapangan. Tapi kali ini Om Kicau hanya akan membahas tiga faktor yang memiliki pengaruh paling besar, yaitu:


  1. Faktor umur

  2. Faktor mental

  3. Faktor penampila


Kacer Morena



1. Faktor usia


Umur merupakan faktor paling menentukan, dan akan berkaitan pula dengan dua faktor lainnya (mental dan penampilan). Kacer yang masih belia cenderung menunjukkan kekhawatirannya terhadap musuh yang ada di dekatnya, meski mental dan penampilannya sudah bagus.


Begitu dilombakan, burung kacer yang masih muda biasanya tampil penuh emosi. Hal itu akibat birahinya belum stabil. Kengototan kacer muda umumnya hanya berlangsung setengah jalan saja. Setelah itu, gaco muda menunjukkan perilaku seperti naik turun tenggeran, mbalon, atau mbagong.


Idealnya, kacer benar-benar siap dilombakan ketika berumur 3 – 4 tahun. Ini bisa dilihat dari kaki-kakinya yang sudah medang / bersisik. Kacer yang sudah mapan cenderung tampil dengan pembawaan yang lebih tenang, namun terlihat tegas dalam suara dan gayanya.


2. Faktor mental


Selain umur, faktor lain yang turut mempengaruhi penampilan kacer saat dilombakan adalah mental atau nyali / keberanian.Seperti disebutkan sebelumnya, burung muda cenderung memiliki emosi labil. Mereka memiliki nyali besar, namun umumnya hanya pada awal-awal lomba saja. Di tengah lomba, ketika burung lain yang lebih mapan mendominasi lapangan, akan terlihat seperti apa mental asli burung muda tersebut.


3. Faktor penampilan


Burung kacer yang sudah mapan dan mentalnya sudah terlatih biasanya akan mudah terangsang berkicau sambil bergaya. Tetapi soal gaya atau penampilan umumnya merupakan sifat bawaan.Ada yang nyeklek, ada yang suka meliuk-liuk, ada yang kerap ndlosor (kepala lebih rendah daripada tubuhnya) dan lain-lain. Tidak sedikit pula yang melakukan gaya khasnya sambil menggetarkan kedua sayapnya.

0 Response to "Tiga faktor burung kacer siap dilombakan"

Posting Komentar